Tips perawatan rumahan untuk kulit glowing dan sehat 

Tentang perawatan

Saat ini di beberapa negara termasuk Indonesia, kulit glowing menjadi standar kecantikan baru. Kulit glowing diartikan sebagai kulit yang menghasilkan kilau alami atau bercahaya dengan tekstur rata, tidak kering, dan tidak kusam.

Untuk menunjang penampilan, kulit glowing saja tidak cukup sebab yang paling penting adalah kulit dalam keadaan sehat. Banyak orang yang harus merogoh kocek dalam dalam untuk pergi ke dokter kulit atau klinik kecantikan demi memperoleh kulit glowing.

Kata siapa kulit cantik, glowing, dan sehat harus mahal? Pakai cara murah juga bisa lho dan perawatannya juga bisa di rumah saja. Berikut ini rekomendasi perawatan rumahan bagi kamu yang ingin kulitnya glowing dan sehat.

Sebenarnya kenapa ini dapat membuat kulit glowing dan sehat

1. Minum banyak air putih

Air putih adalah jenis minuman yang paling sehat dan bermanfaat bagi tubuh termasuk kulit. Minum lebih banyak air putih dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya dan hal itu sudah terbukti melalui sebuah penelitian. Alasannya kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dengan banyak minum air putih, kulit tidak bekerja sangat ekstra sebagai pelindung sehingga fungsinya dapat lebih meningkat terutama untuk menyehatkan dan membuatnya tampak lebih cerah.

2. Konsumsi makanan bernutrisi

Untuk memperoleh kulit yang sehat dan bercahaya tidak hanya melakukan perawatan dari luar dengan memakai skincare saja. Namun, merawat dari dalam juga harus dilakukan. Caranya adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan. Selalu pastikan setiap hari kebutuhan nutrisi harian terpenuhi dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan tidak sehat seperti makanan siap saji dan camilan ringan berpengawet memang lebih menggoda daripada sayur atau buah. Namun, alangkah lebih baiknya meminimalkan atau bahkan menghentikan konsumsi gula, garam, dan lemak jenuh agar kulit bisa tetap sehat dan bercahaya.

Sebagai gantinya, beralihlah mengonsumsi buah dan sayuran karena mereka terbukti meningkatkan vitamin dan antioksidan dalam tubuh.  Makanan ini akan meningkatkan vitamin dan antioksidan dalam tubuh. Selain itu, jangan tinggalkan kegiatan mencari sumber lemak sehat seperti minyak ikan. Beberapa makanan yang bisa jadi pilihan seperti protein tanpa lemak, buah dan sayuran segar, lemak sehat, dan biji-bijian.

3. Minum probiotik

Kebanyakan orang mengira produk probiotik hanya untuk meningkatkan sistem pencernaan saja. Namun, pada kenyataannya probiotik mempunyai manfaat lain. Manfaat tersebut diantaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Berdasarkan penelitian, minum probiotik dapat berkontribusi pada rambut yang sehat dan kulit yang tampak bercahaya.

4. Pakai sunscreen setiap hari

Sunscreen merupakan produk yang bertujuan untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Banyak manfaat yang didapat setelah memakai sunscreen atau tabir surya setiap hari dan efeknya juga jaga panjang. Kulit menjadi terlindungi dari sinar UV sehingga mencegah kanker kulit dan photoaging yang merupakan proses penuan kulit.

Pilihlah produk sunscreen dengan spektrum yang luas, SPF 30 atau lebih, dan sesuai dengan jenis kulit.  Gunakan sunscreen setiap hari bahkan walaupun tidak beraktivitas di bawah sinar matahari.  Oleskan ke semua area kulit yang terbuka termasuk area leher dan sekitar mata. Saat matahari sangat terik gunakanlah pakaian yang melindungi kulit dan topi untuk melindungi kulit kepala.

5. Rajin membersihkan muka

Membersihkan muka menjadi kegiatan yang simpel namun jangan sampai ditinggalkan. Saat membersihkan muka disarankan untuk menggunakan air hangat ketimbang air dingin atau panas. Tujuan pembersihan muka adalah untuk menghilangkan kotoran, riasan, dan minyak berlebih dari kulit. Agar wajah semakin glowing dan sehat, rutinlah membersihkan kulit sebelum tidur, saat bangun tidur, dan setelah berkeringat. Pemilihan produk pembersih juga penting, pilihlah produk yang lembut , PH seimbang, dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Itulah beberapa perawatan rumahan yang simple dan hemat biaya bagi kalian yang ingin memiliki kulit glowing dan sehat.